Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Membuat LPJ Untuk BOP Tahun 2020

Posting Komentar
Cara Membuat LPJ Untuk BOP Tahun 2020 - Hallo sahabat Update 2021, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat LPJ Untuk BOP Tahun 2020, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel info, Artikel tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat LPJ Untuk BOP Tahun 2020
link : Cara Membuat LPJ Untuk BOP Tahun 2020

Baca juga


Cara Membuat LPJ Untuk BOP Tahun 2020

contoh surat LPJ BOP untuk tahun 2020


Sebagaimana yang telah saya informasikan di thread sebelumnya, bahwa pemerintah melalui Kemenag RI akan memberikan dana bantuan operasional atau BOP untuk lembaga-lembaga pendidikan keagamaan baik yang formal maupun non formal. Dan lembaga TPQ termasuk ada di dalamnya..


Dana BOP ini sudah turun dalam tiga tahap. Tahap pertama dan kedua sudah turun pada bulan September-Oktober 2020 lalu. Sedang untuk tahap ketiga rencananya akan turun pada minggu-minggu ini. Jumlah dana BOP khusus untuk lembaga-lembaga TPQ besarnya Rp. 10 juta dan ini sama dengan yang akan diterima oleh "lembaga sejenis" seperti MDT (Madrasah Diniyyah Takmiliyah)..


Selanjutnya untuk lembaga-lembaga yang masuk daftar penerima, harus mempersiapkan segala sesuatunya seperti berkas-berkas persyaratan untuk bisa mengambil dan atau menerima dana itu serta membuat laporan pertanggung jawaban atau LPJ terkait penggunaan dananya kelak..


Nah ngomong-ngomong soal LPJ, pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tips seputar cara pembuatannya seperti apa dan bagaimana. Memang di juknis ada informasi dan keterangannya. Namun tetap saja pada prakteknya terkadang masih membingungkan, terutama buat yang belum pengalaman mengurus hal beginian..


Oleh karena itu, nggak ada salahnya jika saya "ikut membantu" dengan memberikan beberapa tips seputar masalah tersebut, berkaca dari pengalaman lembaga TPQ saya yang kebetulan sebagai penerima BOP yang sama pada tahap kedua lalu..


Dan inilah langkah-langkah yang harus anda siapkan ketika akan membuat LPJ untuk dana BOP tahun 2020:


1. Memperhatikan penggunaan anggaran


Langkah pertama adalah perhatikan penggunaan anggaran yang Anda pakai, dari dana BOP tersebut. Soalnya khusus untuk BOP kali ini, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh Anda gunakan. Maksudnya Anda tidak boleh sembarangan memakai dan atau membelanjakan dana itu. Karena semua harus sesuai prosedural dari juknis atau petunjuk teknis BOP ini. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membacanya di surat keterangan juknis yang bisa Anda dapatkan di link terkait..

 

informasi tentang petunjuk penggunaan dana BOP untuk tahun 2020


2. Membuat Surat Pernyataan


Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat Surat Pernyataan tentang dana BOP ini, yang tidak ada potongan sepaserpun alias utuh 100% ketika Anda menerimanya. Untuk formatnya Surat Pernyataan ini, Anda bisa lihat di surat keterangan juknis..


Tujuan dari membuat Surat Pernyataan ini adalah untuk mengetahui apakah ada semacam pungli (pungutan liar) dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, saat anda memproses pengambilan dana BOP tersebut..

 

contoh format Surat Pernyataan untuk dana BOP tahun 2020


3. Membuat Surat Laporan Penggunaan Anggaran


Selanjutnya langkah ketiga yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat Surat Laporan Penggunaan Anggaran dari dana BOP tersebut. Misal dana itu dipakai buat membeli atau membayar apa saja serta berikut rincian nominal uang yang dipakainya. Untuk Surat Laporan Penggunaaan Anggaran ini, bentuk dan formatnya bisa Anda lihat di juknis..

 

contoh format surat laporan penggunaan anggaran dana BOP tahun 2020


4. Melengkapi dokumen-dokumen penggunaan anggaran


Berikutnya langkah yang keempat adalah dengan melengkapi dokumen-dokumen terkait penggunaan anggaran dana BOP dimaksud. Dokumen disini contohnya seperti kwitansi pembelian atau pembayaran suatu barang atau jasa di dalam penggunaan anggaran tersebut..


Jadi sebisa mungkin Anda harus memperhatikan setiap transaksi penggunaan anggaran dana itu yang diantaranya dengan adanya bukti sebuah kwitansi dari pembelian atau pembayaran barang/jasa dimaksud..

 

5. Menyusun Surat LPJ dengan rapih dan baik

 

Dan langkah terakhir atau langkah kelima adalah dengan menyusun surat-surat LPJ ini dengan rapih dan baik. Sebab dokumen surat-suratnya bisa lebih dari 2-3 lembar. Jadi supaya lebih tertata, maka bagusnya dibikin rapih dan baik. Seperti misalnya dibuat satu bundel seperti sebuah surat proposal plus dengan cover yang menarik..

 

Catatan : semua gambar dan info grafis yang saya tampilkan di atas, merupakan dokumen pribadi dari lembaga TPQ saya yang kebetulan mendapatkan dana BOP pada tahap ke-2 lalu..jadi anda bisa mengikutinya seperti contoh ilustrasi gambar dimaksud, karena secara teknisnya kemungkinan sama

 

Itulah tahapan-tahapan dalam membuat LPJ untuk edisi BOP yang turun pada tahun ini, terkhusus untuk BOP dari Kemenag RI yang buat Lembaga Pendidikan Keagamaan seperti TPQ dan semacamnya..


Semoga apa yang saya sampaikan ini, bisa bermanfaat. Terutama sekali buat lembaga-lembaga TPQ atau lembaga pendidikan keagamaan lainnya, yang mendapatkan jatah dana BOP pada tahap ketiga ini..

 

Mohon maaf jika sekiranya ada kesalahan atau kekeliruan dari yang saya tulis di atas. Dan jika seumpama anda masih belum faham, Anda bisa kembali membaca surat keterangan juknisnya. Atau opsi lain Anda juga bisa menanyakan hal ini langsung ke Kementerian Agama setempat, karena mereka pasti lebih faham..



Demikianlah Artikel Cara Membuat LPJ Untuk BOP Tahun 2020

Sekianlah artikel Cara Membuat LPJ Untuk BOP Tahun 2020 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat LPJ Untuk BOP Tahun 2020 dengan alamat link https://re-plye2021-1.blogspot.com/2020/12/cara-membuat-lpj-untuk-bop-tahun-2020.html

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter